Langsung ke konten utama

Actress of The Week: Tiffany Haddish


Related image

Tiffany Sarac Haddish (lahir 3 Desember 1979) adalah seorang aktris, penyanyi, model, komedian, dan penulis Amerika. Setelah menjadi bintang tamu di beberapa serial televisi, Haddish menjadi terkenal sebagai Jackie pada musim pertama drama televisi OWN If Loving You Is Wrong dari 2014 hingga 2015. Dari 2015 hingga 2017, ia membintangi sebagai Nekeisha Williams di sitkom NBC The Carmichael Show. Setelah muncul dalam film komedi Keanu 2016, terobosan Haddish datang pada 2017 untuk perannya sebagai Dina dalam film komedi Girls Trip, yang ia menerima pujian kritis untuk penampilannya. Pada 2017, ia menerbitkan memoarnya, The Last Black Unicorn.

Haddish lahir dan besar di Los Angeles, California. Ayahnya, Tsihaye Reda Haddish, adalah seorang pengungsi dari Eritrea, dan berasal dari keluarga Yahudi Eritrea. Ibunya, Leola, adalah pemilik usaha kecil Afrika-Amerika dan seorang Saksi Yehuwa. Setelah ayah Haddish pergi ketika dia berusia tiga tahun, ibunya menikah lagi dan melanjutkan untuk memiliki lebih banyak anak; Haddish memiliki dua saudara perempuan tiri dan dua saudara tiri. 

Pada tahun 1988 ketika tinggal di Colton, California, Ayah tiri Haddish merusak rem pada mobil ibunya, yang menyebabkan kecelakaan di mana Leola menderita kerusakan otak parah. Pengrusakan itu diduga dimaksudkan untuk menyakiti Haddish dan saudara-saudaranya juga, tetapi mereka memilih untuk tetap di rumah pada hari kecelakaan itu. Ayah tirinya mengungkapkan hal ini kepadanya saat makan malam. Kerusakan otak mungkin memicu skizofrenia Leola. Haddish, yang saat itu berusia sembilan tahun dan yang tertua dari lima saudara kandungnya, menjadi pengasuh utama bagi keluarganya. 

Pada usia 12, Haddish dan saudara-saudaranya ditempatkan di panti asuhan di mana mereka sementara terpisah satu sama lain. Saat berada di sana, ia menggunakan komedi sebagai cara untuk mengatasi berada dalam situasi dengan orang-orang baru. Ketika dia berusia 15 tahun, dia dan saudara-saudaranya dipersatukan kembali di bawah asuhan nenek mereka.

Dia bersekolah di George Ellery Hale Middle School di Woodland Hills dan lulus dari El Camino Real High School, juga di Woodland Hills, di mana dia adalah maskot sekolah. Haddish mengatakan dia tidak bisa membaca dengan baik sampai sekolah menengah, tetapi membaik ketika dia menerima bimbingan belajar dari seorang guru. Dia juga mendapat banyak masalah di sekolah, meskipun partisipasinya yang memenangkan penghargaan dalam kompetisi drama menampilkan monolog Shakespeare. Pada tahun 1997, setelah pekerja sosialnya memberinya ultimatum untuk menghadiri terapi psikiatrik atau pergi ke Kamp Komedi Pabrik Tertawa, maka Haddish yang berusia 17 tahun memilih komedi sebagai saluran keluar untuk rasa sakitnya. Dia mengatakan bahwa bimbingan dari banyak komedian terkemuka — termasuk Richard Pryor, Dane Cook, Charles Fleischer, Wayans Bersausara - membantunya menemukan hasratnya untuk komedi dan itu benar-benar menyelamatkan hidupnya. Dia telah mengatakan bahwa ia menggabungkan pengalaman kehidupan nyata di masa lalu dalam set-nya, menemukan bahwa melakukan hal itu berfungsi sebagai semacam "ruang aman" baginya. 

Sebelum keberhasilannya di layar, Haddish memegang sejumlah pekerjaan, termasuk layanan pelanggan untuk Alaska Airlines. Haddish mengatakan dia tinggal di mobilnya saat berusia 20-an saat masih menjadi komedian.

Seperti yang dijelaskan dalam memoarnya, Haddish menikah dan menceraikan William Stewart dua kali. Mantan suaminya membantu Haddish menemukan ayahnya yang pernah berpisah yang mengantarnya ke altar pada pernikahan pertama mereka, yang pernah digambarkannya sebagai salah satu hari paling bahagia dalam hidupnya. Dia mengajukan cerai di Los Angeles County , California, pada 2011 dan 2013. 

Sukarelawan Haddish di Kamp Komedi Pabrik Tertawa dan untuk tuna wisma dan badan amal lainnya yang membantu orang. Untuk suatu periode, setelah dia lulus dari sekolah menengah, Haddish menjadi tunawisma, tinggal di mobilnya. Ketika dia berusia sembilan tahun, ibunya didiagnosis menderita penyakit mental setelah kecelakaan mobil dan Haddish harus pergi ke panti asuhan. Ketika dia pindah dari rumah ke rumah, dia menyimpan barang-barangnya di kantong sampah, yang membuatnya merasa tidak berharga. Itulah sebabnya ia bermitra dengan Living Advantage, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada kesejahteraan pemuda asuh, untuk Drive Suitcase for Foster Youth, di mana ia mengumpulkan koper tempat pemuda asuh dapat menyimpan barang-barang mereka. Dia juga memiliki pengalaman singkat dalam Scientology. Pada satu titik di awal kehidupan, dia dirawat di rumah sakit dengan sindrom syok akut.

Filmography

Film

YearTitleRoleNotes
2005The Urban DemographicJanice Green
2008Meet the SpartansUrban Girl
2009Janky PromotersMichelle
2010Wax On, F*ck OffSex WorkerShort film
2011Driving by BrailleDrum Major
2012What My Husband Doesn't KnowFalana
2013Christmas WeddingAurora
20144PlayComedian
Patterns of AttractionSandra Lewis
WishesJeanie
School DanceTrina
2015All Between UsMishawn
2016KeanuTrina "Hi-C" Parker
2017Mad FamiliesKeko
Girls TripDinaAfrican-American Film Critics Association Award for Best Supporting Actress
Black Reel Award for Best Supporting Actress
MTV Movie Award for Best Comedic Performance
MTV Movie Award for Scene Stealer
NAACP Image Award for Outstanding Supporting Actress in a Motion Picture
New York Film Critics Circle Award for Best Supporting Actress[50]
American Black Film Festival Rising Icon Award[51]
Nominated—Critics' Choice Movie Award for Best Actress in a Comedy
Nominated—Critics' Choice Movie Award for Best Supporting Actress
Nominated—Online Film Critics Society Award for Best Supporting Actress
Nominated—Washington D.C. Area Film Critics Association Award for Best Supporting Actress
Nominated—Detroit Film Critics Society Award for Best Supporting Actress
BoostersDebra
2018Uncle DrewJess
The Oath[52]Kai
Night SchoolCarrie
Nobody's FoolTanya
Taylor Swift: Reputation Stadium TourOld TaylorConcert film; archive footage
2019The Lego Movie 2: The Second PartQueen Watevra Wa'Nabi (voice)
The Secret Life of Pets 2Daisy (voice)Filming
The KitchenRuby O'CarrollPost-production
2020Limited PartnersPost-production

Television


YearTitleRoleNotes
2005Pimp My RideHerselfEpisode: "Rashae's Ford Taurus"
That's So RavenCharlotteEpisode: "When in Dome"
2006Bill Bellamy's Who's Got Jokes?HerselfEpisode: "Warm It Up in LA"
My Name Is EarlRobinEpisode: "The Bounty Hunter"
It's Always Sunny in PhiladelphiaStripper #3Episode: "Charlie Gets Crippled"
The UndergroundVarious1 episode
2007Nick Cannon Presents: Short Circuitz1 episode
Just JordanDiamondEpisode: "Krumpshakers"
2008Racing for TimeDeniseTelevision film
2009In the MotherhoodTeddyEpisode: "It Takes a Village Idiot"
Secret GirlfriendJessica's Co-WorkerEpisode: "You and Your Ex Call It Quits"
2012The GameFriendEpisode: The Black People Episode
2013–2014Real Husbands of HollywoodTiffany7 episodes
2014–2015If Loving You Is WrongJackie14 episodes
2014New GirlLeslieEpisode: "Exes"
TripTankDelsyia (voice)3 episodes
2015–2017The Carmichael ShowNekeisha25 episodes
2016–2017Legends of Chamberlain HeightsCindy (voice)18 episodes
NAACP Image Award for Outstanding Character Voice-Over Performance
2017Tiffany Haddish: She Ready! From the Hood to HollywoodHerselfStand-up special
Face ValueHerself (co-host)12 episodes
Saturday Night LiveHerself (host)Episode: "Tiffany Haddish/Taylor Swift"
Primetime Emmy Award for Outstanding Guest Actress in a Comedy Series
2018Drunk HistoryHerselfEpisode: "Heroines"
2018–presentThe Last O.G.Shannon "Shay"Main cast
2018Sesame StreetDr. BirdwhistleEpisode: "When You're a Vet"
2019Kevin Hart’s Guide to Black HistoryAdult Mae JemisonNetflix special
Bob's BurgersPatricia (voice)Episode: "Roamin' Bob-iday"[53]
Double DareHerselfContestant[54]
Tuca & BertieTuca (voice)Also executive producer[42]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Actor of The Week: Aaron Taylor-Johnson

Aaron Perry Taylor-Johnson (13 Juni 1990) adalah seorang aktor Inggris. Dia mulai tampil pada usia enam dan telah muncul dalam film seperti Angus, Thongs and Perfect Snooging dan The Illusionist. Dia kemudian membintangi Nowhere Boy, di mana ia memainkan John Lennon; Kick-Ass dan sekuel nya Kick-Ass 2, di mana ia memainkan David "Dave" Lizewski / Kick-Ass; dan film Godzilla. Dia dikenal sebagai Aaron Johnson sampai ia mulai menganti namanya sebagai Aaron Taylor-Johnson di Kick-Ass 2, secara legal setelah menikah sutradara Sam Taylor-Wood. Johnson mulai menjalin hubungan dengan sutradara Nowhere Boy-nya, Sam Taylor-Wood, 23 tahun lebih tua darinya. Pasangan ini mengumumkan pertunangan mereka pada premier film tersebut pada Oktober 2009. Pasangan ini memiliki dua anak perempuan yang lahir sebelum menikah, Wylda Rae (lahir 7 Juli 2010) dan Romy Hero (lahir 18 Januari 2012). Johnson dan Taylor-Wood menikah di Babington House, Somerset pada 21 Juni 2012 Johnson mengadopsi

Bromance on Spartacus: Vengeance, Agron & Nasir

Sebenarnya, sudah lama ingin mencoba menyaksikan serial Spartacus, hanya saja tidak seperti serial lainnya setiap season dalam Spartacus memiliki judul sendiri, sempat bingung apa bedanya antara Spartacus: Blood and Sand, Spartacus: Vengeance dan Spartacus Gods of The Arena. Ternyata Blood and Sand adalah season pertama dari Spartacus sementara Vengeance adalah season keduanya, dan Gods of The Arena lebih ke miniseri/prequel-nya, ada perbedaan diantara kedua season Spartacus, aktor pemeran utamnya berganti dari Andy Whitfield ke Liam McIntyre. Ada beberapa aktor dan aktris ternama bermain dalam film ini, masih ingat Xena: The Warrior Princess, yup, pemeran utamanya Lucy Lawless kembali berperan sebagai Lucretia. Spartacus: Vengeance Lucy Lawless as Lucretia Spartacus vs Game of Thrones Lebih banyak adegan kekerasan dan Nudity dalam serial ini dibanding Games of Thrones. Karena memang bercerita tentang masa kebesaran Romawi dimana banyak diperlihatkan adegan seks bebas dan

Actor of Week: Jack Black

  Thomas Jacob "Jack" Black (lahir 28 Agustus 1969) adalah aktor Amerika, pelawak, musisi, penyanyi, dan penulis lagu. Karir aktingnya telah luas, terutama dibintangi dalam film-film komedi. Black dikenal karena perannya dalam Shallow Hal (2001), School of Rock (2003), King Kong (2005), The Holiday (2006), franchise Kung Fu Panda (2008–2016), Tropic Thunder (2008), Gulliver's Travels (2010), Goosebumps (2015), dan Jumanji: Welcome to the Jungle (2017). Dia telah dinominasikan untuk dua Penghargaan Golden Globe. Black adalah vokalis utama dari duo rock komedi Tenacious D yang ia bentuk pada tahun 1994 bersama temannya, Kyle Gass. Mereka telah merilis album Tenacious D, The Pick of Destiny, dan Rize of the Fenix. Thomas Jacob Black lahir di Santa Monica, California, dan dibesarkan di Hermosa Beach, California, putra insinyur satelit Judith Love (née Cohen), yang bekerja di Teleskop Angkasa Hubble dan juga seorang penulis, dan Thomas William Black. Ibuny